Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Baju Muslim Batik

Baju Muslim Batik

Diposting pada 11 May 2016 oleh baju muslim terbaru

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki kain batik sebagai hasil kerajinan khas daerah yang termasyhur. Berbicara mengenai baju muslim batik, pasti yang ada dalam benak kita adalah salah satu kota batik di Indonesia yakni Solo. Kota yang satu ini memang terkenal akan pengrajin batik terbesar di Indonesia. Selain di kota solo pengrajin batik masih ada kota yang lainnya seperti di kota Cirebon misalnya.

Baju Muslim Batik

Busana Muslim Batik

Motif yang digunakan pun berbeda dari motif-motif batik yang ada dikota lainnya, keragaman motif batik bisa menjadi salah satu bukti bahwa batik mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi di mata masyarakat. Tak heran jika batik banyak digunakan sebagai salah satu bahan baju muslim batik. Keragaman motif serta corak batik saat ini semakin menambah keragaman corak serta motif berbagai model busana muslim yang berbahan batik tentu membuat kita sebagai muslim menjadi lebih trendy dan modern.

Jika dulu busana muslim hanya identik dengan warna putih dan renda dibagian tangan serta muka bajunya, sekarang busana muslim sudah bisa ditemukan dalam bentuk batik dengan model yang tak kalah dari model-model busana muslim yang lainnya. Selain itu juga baju muslim batik dapat kita kenakan dalam berbagai macam acara baik acara formal atau pun acara nonformal.

Ekplorasi terhadap kain tradisional Indonesia tak pernah ada habisnya, kekayaan spectrum warna dan material penyusunnya terus memberikan inspirasi berarti bagi para perancang busana sehingga menghasilkan baju muslim batik. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki kain tenun sebagai hasil kerajinan khas daerah yang termasyhur, seperti dari Kalimantan, Banten, Sumatra Barat dan tentu saja Jawa Barat.

Berbicara mengenai tenun di Jawa Barat, tentu tak bisa dilepaskan dari Kabupaten Garut. Di wilayah ini tenun sudah dikembangkan secara turun temurun, tak sebatas tenun yang diaplikasikan dengan menggabungkan benang melintang dan memanjang, aneka modifikasi tenun pun terus dilakukan untuk mengekplorasi keindahan kain tradisional Indonesia itu sehingga menghasilkan baju muslim batik yang modern.

Seni tenun biasanya berkaitan erat dengan sistem pengetahuan, budaya, kepercayaan, lingkungan alam dan sistem organisasi suatu masyarakat. Karena kultur sosial yang beragam, maka seni tenun setiap daerah biasanya memiliki perbedaan masing-masing. Kualitas tenun biasanya dilihat dari mutu bahan, keindahan tata warna dan motif. Ada pun kain tenun dari Garut biasanya memiliki ciri kain tenun dalam warna-warna tua dan motif geografis.

Saat Tenun Sutra Dan Batik Berpadu Menjadi Baju Muslim Batik

Kolaborasi antara Rajib Nashrudin sebagai pemilik kain tenun sutra ban batik tulis Ralisha Putra Garut (RPG) dengan Zareena Servia desainer anggota Ikatan Perancang Busana Muslim (IPBM) Jawa Barat. Mereka berkolaborasi menghasilakn baju muslim batik semiformal dan formal yang ditampilkan dalam pagelaran busana batik Jawa Barat di Bandung. Dengan mengambil tema “Sundari”, yang dihadirkan supaya bisa merepresentasikan kecantikan perempuan. Kecantikan itu digambarkan lewat benang-benang timbul yang terbuat dari sutra, kemudian dipadukan dengan desain batik kontemporer dan tempo dulu.

Motif kotak bernuansa modern yang diaplikasikan pada kain tenun sutra, teknik sulam dan bordir ala Tasikmalaya yang menjadi ciri khas Zareena juga menjadi aksen yang memperindah baju muslim batik ketika dikenakan. Adapun warna yang dipilih, lebih mencerminkan sesuatu yang elegant dan klasik, tanpa melupakan nuansa modern. Spektrumnya cukup beragam mulai dari warna pastel hingga warna gelap. Sementara itu, elemen batik yang ada pada baju tersebut lebih difungsikan sebagai aksen pemanis pada kelinan bawah rok, bagian bawah tunik atau bagian lain yang menekankan detail.

Baju Muslim Batik Elegant Dan Feminin

Ekplorasi batik ditampilkan dalam pagelaran busana batik Jawa Barat yang digelar beberapa waktu lalu di Bandung. Dalam pagelaran ini hadir Anti Dewi yang menampilkan bahan batik menjadi baju muslim batik yang feminin. Warna-warna pastel menjadi andalannya sehingga menghasilkan perpaduan yang menarik. Sedangkan Malik Moestaram menampilkan koleksi terbarunya yang didominasi oleh warna putih. Motif bunga mempercantik penampilan baju muslim batik yang dibawakan sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda semua.

Batik memang dapat ditampilkan dalam berbagai macam gaya seperti koleksi yang diperagakan dalam pagelaran busana batik Jawa Barat. Diantaranya baju muslim batik yang dirancang oleh Eriyani Yusuf yang menampilkan batik dengan kesan ethnic dan elegant. Koleksinya yang diwarnai dengan cutting yang modern serta warna-warna yang menawan. Begitu juga dengan Lisma D Gumelar yang menampilkan koleksi baju muslim batik yang cantik. Kombinasi bahan beludru dengan batik, semakin menambah kesan mewah bila mengenakannya. Perpaduan blus berbahan batik dengan skirt ber-cutting memberikan kesan slim saat dikenakan. Dari beberapa sumber seperti Pikiran Rakyat dan Tabloid Modis.

Bagikan informasi tentang Baju Muslim Batik kepada teman atau kerabat Anda.

Baju Muslim Batik | Fashion Muslim Terbaru

Belum ada komentar untuk Baju Muslim Batik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan