Beranda » Blog » Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri

Diposting pada 6 July 2016 oleh baju muslim terbaru / Dilihat: 5 kali

Hari raya idul fitri selalu dijadikan momentum oleh kaum muslimin untuk saling berkunjung, bersilaturahim, bersalam-salaman dengan orang tua, sanak saudara, tetangga, guru, kerabat dan teman-teman untuk saling meminta maaf dan memaafkan kesalahan. Dalam setiap lebaran juga dikenal dengan tradisi silaturahim mengunjungi sanak saudara dan tetangga, pada hakekatnya silaturahim harus ditempatkan setiap saat dan dimana saja. Karena silaturahim sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, bukan hanya pada saat hari raya idul fitri saja melainkan di hari-hari yang lain.

Hari Raya Idul Fitri

Lebaran 2016

Dalam bersilaturahim memang dianjurkan untuk bersalaman atau berjabat tangan, karena bersalaman itu akan merontokkan segala dosa-dosa. Nabi Muhammad SAW menerangkan “tidaklah ada dua orang muslim yang bertemu lalu saling bersalaman, melainkan dosa keduanya akan diampuni sebelum mereka berdua berpisah” (HR Abu Dawud). Akan tetapi apabila yang diajak bersalaman adalah orang-orang yang bukan muhrim, maka sebaiknya jangan bersalaman. Rasulullah SAW bersabda “sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan kaum wanita” (HR Ahmad).

Ucapkan Maaf Dengan Tersenyum Pada Hari Raya Idul Fitri

Silaturahim pada hari raya idul fitri, disunahkan untuk mengucapkan lafad “taqobbalallahu minna wa minkum” (semoga Allah menerima amal kami dan kalian). Dalam sebuah riwayat setelah melakukan shalat idul fitri, wajah para sahabat berseri-seri. Mereka saling mengucapkan taqobbalallahu minna wa minka. Ucapan ini selalu mereka ucapkan ketika bertemu dengan sahabat yang lainnya. Raut wajah para sahabat itu bersih, berseri-seri menandakan kebahagian dan ketenangan jiwanya.

Hari raya idul fitri memang layak disebut sebagai hari kemenangan kaum muslimin karena sebulan penuh telah malaksanakan ibadah shaum pada bulan Ramadhan serta ibadah-ibadah sunah yang lainnya seperti shalat tarawih pada malam hari serta tadarusan atau membaca alquran di pagi hari. Ketika merayakan hari raya idul fitri kaum muslimin di seluruh dunia merasa gembira dan berzikir kepada Allah.

Indahnya Saling Memaafkan Saat Hari Raya Idul Fitri

Momen hari raya idul fitri jadi saat terindah bagi setiap keluarga, di hari yang suci itu kita memiliki kesempatan untuk saling memaafkan. Betapa indahnya keluarga muslim jika selesai shalat idul fitri semua berkumpul di rumah. Kita dan suami duduk berdampingan, sementara si kecil mencium tangan kita untuk saling memaafkan. Begitupun kita dan suami saling berjabat tangan untuk saling memaafkan.

Momen spesial ini tentu sangat tepat bagi kita dan pasangan untuk saling memaafkan. Meminta maaf dan memberi maaf pada pasangan saat hari raya idul fitri memiliki manfaat yang sangat positif untuk menjalin keharmonisan keluarga. Meminta maaf memang tak harus menunggu hari lebaran, namun lebaran momennya sangat pas dan tepat untuk itu jangan sampai terlewatkan.

Istri atau suami jangan saling menunggu dalam meminta maaf, karena sikap saling menunggu sama halnya kita berfikiran bahwa pasangan kita lebih banyak punya salah sehingga dia harus lebih dulu meminta maaf sikap seperti itu harus dihindari. Alangkah lebih indah jika saat momen hari raya idul fitri, maaf memafkan kita senantiasa mengingat hal-hal baik atas apa yang diberikan oleh pasangan yang harus kita syukuri.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Hari Raya Idul Fitri

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Hari Raya Idul Fitri

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, tanya produk Enrika Hijab?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Rika
● online
Rika
● online
Halo, perkenalkan saya Rika
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja