Buka jam 08.00 s/d jam 20.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Jilbab Syari

Jilbab Syari

Diposting pada 5 August 2016 oleh baju muslim terbaru

Saat ini semakin banyak para wanita muslimah yang mulai memiliki pemahaman tentang ajaran Islam yang mengikat, hal ini dapat dilihat dari semakin banyak dan mudahnya para wanita muslimah yang memakai jilbab atau hijab atau kerudung untuk menutupi aurat mereka. Setelah fashion muslimah memasuki indutri fashion ditanah air yang mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan, sehingga muncullah berbagai jenis mode dan gaya jilbab itu sendiri. Semakin banyak pula pilihan bagi wanita muslimah akan jilbab syari yang dapat dipakai oleh mereka.

Jilbab Syari

Tazkia Sequin Hijab by DeQiara Hijab

Islam memberikan berbagai aturan dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah aturan mengenai hubungan manusia dengan dirinya sendiri dalam berbusana. Dalam hal ini kaum muslimah memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan kaum pria, Islam menjaga kehormatan wanita dengan sangat jelas dalam al-quran. Oleh karenanya sebagai wanita, kita perlu memahami bahwa busana yang kita kenakan haruslah menutup aurat yang kita miliki.

Sebagian orang yang belum memahami tentang kewajiban berjilbab masih memandang sebelah mata perintah dari Allah tersebut. Ada yang menganggapnya sebagai upaya pengekangan terhadap kreatifitas wanita, bahkan perintah Allah tersebut justru diselewengkan dan dijadikan alasan untuk menggembar-gemborkan kebebasan wanita yang menyamai kebebasan laki-laki dalam beraktualisasi yang salah. Pandangan tersebut sangat keliru dan salah besar, karena kewajiban menutup aurat bagi wanita sama sekali tidak menyebabkan wanita terhalang dari kebebasan fisik maupun aktifitasnya sebagai seorang muslimah.

Pada jaman modern seperti sekarang ini pun banyak para wanita muslimah yang berprestasi walaupun mereka mengenakan jilbab syari, hal itu karena mereka yakin bahwa jilbab syari bukanlah penghalang dan hambatan dalam berkarya. Jilbab syari tidak membatasi para wanita muslimah untuk berkreasi dan berkarya, jilbab hanya mengatur mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan tujuannya adalah untuk menjaga kehormatan seorang wanita muslimah.

Pandangan Jilbab Syari Dalam Islam

Aurat wanita sudah banyak diterangkan dalam beberapa hadis adalah seluruh permukaan tubuh wanita kecuali bagian muka dan telapak tangannya, selain dari dua bagian inilah yang harus ditutupi. Islam pun memberikan aturan mengenai cara menutupi bagian aurat wanita, dalam hal ini ada dua jenis busana yang d isyariatkan untuk dipakai wanita dalam menutupi auratnya yaitu kerudung dan jilbab syari.

Mengenai kerudung dan jilbab syari diterangkan dalam surat An Nur ayat 31 yang menerangkan tentang kerudung atau khimar, jadi kerudung merupakan penutup kepala  yang dipakai wanita untuk menutupi aurat bagian atasnya dan keberadaan kerudung ini harus menutupi sampai bagian dadanya. Dan pada surat Al Ahzab ayat 59 yang menerangkan tentang jilbab syari, jilbab syari disini dimaknai sebagai busana kurung yang lebar sehingga dapat menutupi bagian tubuh wanita, busana tersebut harus menjulur sampai ke bagian bawah.

Kita semua dapat melihat fenomena kerudung yang digunakan hanya sebagai penutup kepala atau rambut saja tidak sampai pada bagian dada. Jika dikembalikan pada surat An Nur ayat 31 tersebut menjadi hal yang salah dan sebaiknya tidak boleh dilakukan oleh kaum muslimah. Sedangkan kriteria khusus dalam mengenakan jilbab syari yaitu lebar, luas, tebal dan tidak transparan yang dapat menutupi tubuh wanita serta dapat melindungi tubuh wanita agar tidak terlihat lekuk tubuhnya.

Itulah dua jenis busana syari yang seharusnya dipakai oleh wanita muslimah yang beriman untuk menutupi auratnya, sedangkan saat ini kebanyakan wanita hanya mengejar untuk menjadi modis dengan mengesampingkan perkara syariat Islam dari busana syari itu sendiri. Intinya modis tetap bisa dilakukan oleh wanita muslimah asalkan tetap memakai busana yang sesuai dengan syariat Islam atau berbusana yang syari.

Hakikat Jilbab Syari Dalam Kehidupan Muslimah

Melihat fenomena sekarang ini, kita sebaiknya melihat bagai mana hakikat dari jilbab syari itu sendiri dalam kehidupan wanita muslimah. Apakah jilbab syari ini hanyalah sebuah tren mode saja, ketika semakin banyaknya yang mengenakan jilbab syari, maka akan terasa tidak mengikuti tren yang lagi booming jika tidak mengenakan jilbab syari tersebut.

Jilbab syari adalah busana yang wajib dikenakan oleh wanita muslimah yang beriman, wanita muslimah yang menutup auratnya menunjukan ketinggian martabatnya. Pesona seorang wanita muslimah tergantung pada kepribadiannya, rasa malu yang dipelihara dan imannya yang terjaga. Dengan mengenakan jilbab syari yang merupakan perintah langsung dari Allah SWT, maka wanita muslimah telah membuktikan diri bahwa mereka akan selalu mampu menjaga pesona dengan kemulian ahlak yang baik.

Bagikan informasi tentang Jilbab Syari kepada teman atau kerabat Anda.

Jilbab Syari | Fashion Muslim Terbaru

Belum ada komentar untuk Jilbab Syari

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan